Ardhi Saja

Minggu, 27 Mei 2012

Laporan Pelatihan (tak resmi) LaTeX

Post views: counter
Sebagai upaya untuk memasyarakatkan LaTeX di lingkungan prodi Tadris Fisika IAIN Walisongo, telah diselenggarakan kegiatan pelatihan penggunaan LaTeX, meskipun tidak secara resmi. Kegiatan ini telah dimulai sejak bulan mei, meskipun sekarang belum dilanjutkan lagi dikarenakan kesibukan saya dan juga peserta pelatihan, sehingga susah mencari jadwal pertemuan yang tepat.

Sebagaian mahasiswa maupun dosen "tentu saja" akan menggunakan software microsoft word, microsoft power point untuk pembuatan dokumen dan media presentasi. Namun di beberapa universitas (terkemuka) sudah digunakan LaTeX untuk pembuatan dokumen, yang diantaranya adalah skripsi, tesis, disertasi, makalah, dan media presentasi. Yang saya ketahui, di prodi fisika FMIPA UGM mahasiswa dianjurkan untuk menggunakan LaTeX dalam pengetikan skripsi dan tesis. Untuk mendukung kebijakan itu, pihak fakultas telah menyediakan (baca:membuatkan) class untuk pengetikan skripsi, tesis dan disertasi sesuai format baku FMIPA UGM. Dengan adanya class tersebut, maka praktis tidak akan ada lagi istilah "kesalahan format penulisan". Di lain tempat, beberapa jurnal sains bertaraf internasional "mewajibkan" penggunaan LaTeX dalam penulisan naskah yang akan dikirim ke jurnal tersebut.

Berbeda dengan microsoft word, dan yang sejenisnya, LaTeX akan menghasilkan file bertipe pdf, dvi atau ps,tergantung pengaturan yang kita lakukan. Lazimnya orang yang menggunakan LaTeX memilih untuk menghasilkan file bertipe pdf. Orang tentu sudah mengetahui bahwa file bertipe pdf tidak dapat di edit, tidak seperti file bertipe doc/docx yang dapat di edit. Selain itu, dengan digunakannya tipe pdf, maka tidak akan terjadi perubahan pada file tersebut jika dibuka dengan acrobat reader versi berapapun, maupun dengan program penampil pdf lainnya. Hal ini tidak terjadi pada file bertipe doc/docx, sebagaimana kita ketahui akan muncul masalah kompatibilitas yang berakibat terjadinya perubahan pada file doc/docx kita jika dibuka dengan microsoft word yang berbeda versi dengan yang digunakan untuk mengetik file tersebut.

Baiklah, daripada berpanjang cerita, lebih baik bagi anda (terutama warga fakultas tarbiyah) yang ingin mengenal dan menggunakan LaTeX, silahkan datang ke lab fisika untuk mencari informasi mengenai kegiatan pelatihan LaTeX ini. Rancangan materi yang dibahas adalah :

1. Instalasi LaTeX
2. Pendahuluan mengenai LaTeX :
a. Memulai LaTeX
b. Pengaturan teks, dan paragraf
c. Input gambar
d. Pengetikan rumus-rumus
e. Enumerasi

3. Package Geometry untuk pengaturan halaman
4. Pembuatan tabel
5. Beamer (untuk membuat media presentasi)
6. Tutorial penggunaan class skripsi tadris fisika

Keterangan : Yang dicetak tebal telah dilaksanakan.

0 komentar:

Posting Komentar