Ardhi Saja

Sabtu, 29 Oktober 2011

Konfirmasi untuk TRK dan TRU

Post views: counter
sdri faiqoh menanyakan "apakah TRK dan TRU sudah teruji atau belum". Sepengetahuan saya, baik TRK maupun TRU, keduanya masih lolos uji. Predikat ini disandang keduanya karena didukung/dikonfirmasi oleh berbagai eksperimen maupun pengamatan.

Untuk TRK, di antara eksperimen yang mendukung adalah sebagaimana yang telah dilakukan oleh Chin-wen Chou and dan koleganya di the National Institute of Standards and Technology (NIST), Boulder, Colorado. Untuk lebih jelasnya silahkan telusuri informasinya melalui halaman berikut ini:
http://www.nature.com/news/2010/100923/full/news.2010.487.html


Untuk TRU, di antara eksperimen yang mendukung adalah :
1. Presisi perihelion orbit Merkurius
2. Pembelokan cahaya oleh matahari
3. Pergeseran merah cahaya
Silahkan anda telusuri lebih lanjut, bisa dari halaman berikut ini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Tests_of_general_relativity

Lalu kemudian untuk sdr/i Guest, jika ketika berada di atas bara api maupun ketika berada di tempat ber AC berada di kerangka acuan yang sama, maka menurut TRK keduanya akan mencatat waktu yang sama, meskipun bisa saja mengalami pada salah satu kondisi tadi akan terjadi perubahan bentuk tubuh. Misalkan saja, ketika berada di atas bara api, maka tubuh orang tersebut akan melepuh sehingga dirinya merasa tidak nyaman, yang pada akhirnya berujung pada terasa "lama"nya berada di atas bara api meskipun hanya 5 detik. Namun sesungguhnya perasaan tidak nyaman itu dapat anda hilangkan jika anda menggunakan pakaian yang tahan api, sehingga anda tidak akan merasakan "lama"nya waktu berada di atas bara api...:) Yang ingin saya garis bawahi untuk anda adalah, ketika berbicara fisika, maka segalanya harus dapat kita ungkapkan menurut metode yang telah lazim digunakan di fisika. Mengenai pertanyaan anda, tentunya itu merupakan masalah psikologis, sehingga sebenarnya bukan kapasitas saya untuk menjawabnya.

0 komentar:

Posting Komentar