Ardhi Saja

Jumat, 23 September 2011

Backup lah data anda...

Post views: counter
Kira-kira 2 minggu yang lalu saya kembali kehilangan seluruh data saya, karena seluruh partisi terformat. Peristiwa itu terjadi ketika saya ingin bermigrasi dari Natty Narwhal ke Karmic Koala. Karmic Koala adalah ubuntu yang telah terbukti berjalan dengan "sempurna" di Axioo Neon TVW saya.

Tetapi ketika akan menentukan tipe instalasi, saya ternyata memilih suatu tipe instalasi yang akan "membersihkan" seluruh partisi yang ada. Hasilnya, seluruh data saya lenyap dikarenakan seluruh partisi terformat.

Akhirnya dengan terpaksa saya install windows xp untuk dapat menjalankan program EasyRecovery untuk mengembalikan data2 saya. Tetapi kemudian saya mendapati bahwa ada program PhotoRec yang dapat di install di ubuntu yang berfungsi sama dengan EasyRecovery di windows.
Tetapi sepertinya terdapat kelebihan yang dimiliki PhotoRec. Setidaknya, yang saya rasakan adalah bahwa PhotoRec bekerja dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan EasyRecovery. Hal ini kemungkinan disebabkan karena PhotoRec dioperasikan tanpa GUI. Tetapi hal ini pula yang menjadi kelemahan di mata orang-orang yang GUI-minded...:)

Apapun cerita di atas, yang jelas sekarang data saya masih dalam proses recovery...dan ingat...backup lah data anda...

---Selamat datang kembali Karmic Koala----

0 komentar:

Posting Komentar